Risiko dan Efek Samping Pakai Hand Sanitizer Setiap Hari

Senin, 28 Desember 2020 - 11:00 WIB
click to zoom
Risiko dan Efek Samping Pakai Hand Sanitizer Setiap Hari . Hand sanitizer jadi alat pembersih yang wajib dibawa kemanapun, apalagi selama pandemi. Hal ini sebagai upaya mencegah terinfeksi virus, seperti covid-19. Seringnya pemakaian hand sanitizer untukmencuci tangan, apakah aman?

Dilansir dari laman Times of India, ada beberapa efek samping dari penggunaan hand sanitizer setiap hari. Hal ini dapat merusak komunitasbakterisehat yang ada di dalam manusia.Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, pembersih tangan dengan bahan antibakteri dapat berkontribusi pada perkembangan bakteri yang kebal antibiotik.

BACA JUGA :

PFIZER-BIONTECH, MODERNA DAN SINOVAC: VAKSIN UTAMA COVID-19 INI KETERANGAN WHO SOAL MUTASI VIRUS CORONA DI INGGRIS

Sementara itu apabila Anda menelan hand sanitizer, berisiko mengalami keracunan alkohol. selain utu jika menyentuh beberapa tetes ke bibir Anda secara tidak sengaja, itu bukan masalah. Akan tetapi jika Anda meneguknya sedikit, tentunya akan berbahaya. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) mencatat, bahwa anak-anak sangat berisiko menelan pembersih tangan, terutama jika beraroma, berwarna cerah, atau dikemas dengan menarik. Jadi, jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!