Langkah-Langkah Agar Bebas Utang di Tengah Resesi

Minggu, 08 November 2020 - 11:00 WIB
click to zoom
Langkah-langkah agar terbebas dari utang di tengah resesi . Hampir setiap orang mungkin pernah berutang atau meminjam uang, entah itu ke saudara, kerabat, teman dekat, ataupun ke bank. Berutang seringkali dianggap sebagai solusi ketika seseorang dihadapkan pada masalah keuangan.Apalagi saat ini, Indonesia sudah mengalami resesi yang mana banyak orang yang akan melakukan pinjaman utang akibat ekonomi yang berkurang.

Perencana KeuanganEko Endarto mengatakan, langkah pertama agar terbebas dari utang dan tidak menumpuk yaitu mengidentifikasi utang dan membuat rencana untuk segera memangkas utang dan melunasinya secara bertahap."Melakukan evaluasi terhadap pengeluaran dan pemasukan merupakan hal pertama yang penting agar mendapatkan gambaran mengenai kondisi keuangan yang sebenarnya," kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta.

BACA JUGA :

MASUK ZONA RESESI, INDONESIA OPTIMIS EKONOMI SEGERA BANGKIT

BPS: INDONESIA RESMI RESESI, PERTUMBUHAN EKONOMI MINUS 3,49%

Lalu, menekan pengeluaran semaksimal mungkin, sehingga punya uang lebih untuk membayar utang. "Kalau enggak ada utang kita bebas tanpa ada masalah," ungkapnya.Selain itu Ia menyarankan jual barang-barang, jika uang terbatas maka akali dengan menjual barang berharga atau investasi, yang ada saat ini.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!