Sejumlah Dokter Duga Infeksi Covid-19 Trump Sudah Cukup Parah

F. Reinaldo Nugraha
Senin, 05 Oktober 2020 - 21:00 WIB
Sejumlah dokter mengatakan fakta bahwa Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump telah mulai menggunakan deksametason. Ini adalah bukti terkuat kalau kasusnya mungkin sudah masuk kategori parah. Deksametason adalah steroid generik yang banyak digunakan untuk mengurangi peradangan.

Asosiasi Penyakit Menular Amerika mengatakan, deksametason bermanfaat pada orang dengan Covid-19 kritis atau parah yang membutuhkan oksigen ekstra. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa obat tersebut tidak membantu dan bahkan mungkin berbahaya pada orang dengan kasus penyakit yang lebih ringan.


------------------------------------------------------------
BACA JUGA :
DONALD TRUMP DAN ISTRI UMUMKAN POSITIF COVID-19 LEWAT TWITTER

SEMAKIN WASPADA, TIDAK ADA ORANG YANG KEBAL COVID-19
------------------------------------------------------------


Tim medis pada hari Minggu mengatakan, Trump memulai terapi steroid setelah mengalami tingkat oksigen yang rendah, tetapi kondisinya membaik dan dia sudah diizinkan untuk keluar dari rumah sakit. "Apa yang saya dengar dalam uraian konferensi pers menunjukkan bahwa Trump memiliki penyakit yang lebih parah daripada gambaran yang secara umum optimis," kata Daniel McQuillen, spesialis penyakit menular di Lahey Hospital & Medical Center di Burlington, Massachusetts, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (5/10/2020).
Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Terkait
Lainnya
Interaktif