Fakta Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 09 Desember 2023 - 20:00 WIB
click to zoom
Teh hijau memiliki banyak manfaat. Sebagian orang menganggap minum teh hijau bisa membuat mereka memiliki tubuh ideal. Ya, sebagian orang menilai teh hijau menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Lantas, benarkan teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan?

Baca juga: Pisang Kaya Serat, Menyebabkan atau Meredakan Sembelit?

Dokter Nadia Alaydrus menjelaskan menurut The American Journal of Clinical Nutrition, di kandungan EGCG yang dibutuhkan untuk membantu dalam proses penurunan berat badan adalah 270 mg/hari dan jumlah caffein yang dibutuhkan adalah 150 mg/hari. “Dalam teh hijau sendiri itu tuh ada kafeinnya, jadi senyawa dari teh hijau kombinasi dari kafein dan katekin. Subtansu tersebut itu bisa mempercepat metabolisme itu selama dua jam,” ujar dr Nadia Alaydrus seperti dikutip dari akun TikTok @nadialaydrus, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: 4 Manfaat Buah Durian, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Lebih lanjut, dr Nadia menjelaskan kandungan katekin bisa memicu penurunan berat badan dengan cara membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. “Studi riset itu juga membuktikan kalau kita minum teh hijau sebanyak dua kali sehari bisa membakar kalori ekstra yaitu 50 kalori per hari,” tuturnya.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!