alexametrics

Desain Seragam Militer Nyentrik dari Berbagai Negara

david arif winarko
Jum'at, 08 November 2019 - 06:30 WIB

Militer identik dengan sesuatu yang sangar, gahar dan macho tak terkecuali seragam yang dimiliki lazimnya mengesankan hal itu. Namun rupanya tidak semua seragam militer harus terlihat gagah. Di beberapa negara ini pasukan militer malah mengenakan seragam dengan desain unik dan nyentrik.


Seperti seragam militer di Spanyol yang dikenal sebagai Tercio atau Tercios, adalah unit dari Angkatan Darat Spanyol dan Pasukan Reaksi Cepat Spanyol. Pasukan ini didirikan pada 1920 untuk melayani sebagai bagian dari Spanyol Army Afrika. Seragam mereka polos dan sederhana dan terkesan bertentangan dengan seragam militer lain. Anggota legiun ini diperbolehkan memelihara jenggot dan bajunya di bagian dada diperbolehkan terbuka.

Berbeda dengan Rusia, dikarenakan Rusia adalah salah satu negara beriklim dingin, maka orang-orang di sana sering kali mengenakan pakaian dengan jaket tebal nan panjang. Bahkan, tentara Rusia juga mempunyai pakaian militer khusus untuk cuasa dingin yang ikonik. Jika dilihat, pakaian militer Rusia sedikit mirip dengan yang dikenakan oleh pasukan Nazi Jerman pada Perang Dunia II, hanya saja perbedaannya terdapat pada bagian celananya saja. Untuk coat atau jaket yang dikenakan kurang lebih masih sama, yaitu memanjang agar dapat menahan udara dingin di sekitar. Daftar seragam militer nyentrik dari berbagai negara selengkapnya lihat pada infografis.



(dvd)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)