alexametrics

Berbagai Penemuan Obat yang Mampu Mengubah Dunia

tirto wirawan
Jum'at, 14 Februari 2020 - 19:00 WIB

Putar layar smartphone menjadi landscape dan swipe untuk melihat slide selanjutnya >>

 

Berbagai wabah penyakit telah menewaskan manusia dalam jumlah sangat banyak. Sisi positifnya, dari wabah penyakit tersebut sejumlah obat berhasil ditemukan. Inilah penemuan obat-obatan yang mampu mengubah dunia.

 

-----------------------------------------------------

BACA JUGA :

MENKOMINFO SEBUT ADA 60 HOAKS TERKAIT VIRUS CORONA

 

9 MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SEBELUM BEROLAHRAGA

-----------------------------------------------------

 

Aspirin

Pada 6 Maret 1889, perusahaan obat Jerman, Bayer, berhasil mendapatkan paten untuk obat Aspirin yang awalnya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan demam. Setelah mendapatkan patennya, Bayer mulai membagikan aspirin dalam bentuk bubuk kepada dokter-dokter di wilayah Jerman. Pada 1915, Bayer membuat resolusi dengan mengemasnya dalam bentuk tablet agar mudah dikonsumsi. Aspirin menjadi obat pertama di dunia yang mampu menyebabkan industri farmasi berkembang.

 

Khlorpromazine/Thorazine

Obat ini mulai diperkenalkan pada era 1950-an sebagai obat penenang. Munculnya obat ini menjadi titik balik dalam ranah psikiatri. Pada 1964, sekitar 50 juta orang telah menggunakan obat ini untuk menenangkan pikiran mereka karena mendapatkan masalah. Selain itu, obat ini juga digunakan sebagai pengobatan kecemasan dan depresi. Efek yang ditimbulkan oleh obat ini mengarah ke kemajuan besar dan pemahaman mengenai penyakit mental seseorang. Simak selengkapnya Berbagai Penemuan Obat yang Mampu Mengubah Dunia ini pada infografis.



(tir)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)