Tips Bisa Khatam Membaca Alquran Saat Ramadan

Jum'at, 01 Mei 2020 - 20:00 WIB
click to zoom

Mungkinkah kita bisa khatam membaca Alquran selama satu bulan saat Ramadan? Jawabannya bisa, asalkan kita ada niat kuat dan keinginan untuk menuntaskannya. Yuk, ikuti tipsnya. Banyak yang kesulitan untuk menuntaskan membawa Alquran dalam waktu kurang lebih 30 hari saat bulan Ramadan. Mumpung kebijakan #DiRumahAja masih berlangsung, inilah saat yang tepat untuk meng-khatamkan Alquran karena kegiatan di luar rumah pun diminimalisir.

Yuk, cek bagaimana caranya khatam membaca Alquran selama Ramadan. Catatan penting, metode ini berlaku untuk Alquran ukuran standar, yaitu 10 lembar per juz.

1. SATU (1) KALI KHATAM

Bagilah tadarusan sesuai waktu salat lima waktu. Yaitu sebelum atau sehabis salat wajib harus mengaji dua (2) lembar Alquran. Jadi sebelum/setelah subuh 2 lembar, zuhur 2 lembar, begitu seterusnya hingga saat Isya, kamu bisa menuntaskan 10 lembar dalam sehari.

BACA JUGA :

PERLUKAH KONSUMSI VITAMIN DAN SUPLEMEN SAAT PUASA RAMADHAN?

CARA MENJAGA BUAH DAN SAYUR TETAP SEGAR SAAT PANDEMI CORONA

2. DUA (2) KALI KHATAM

Metodenya sama dengan satu kali khatam, hanya saja jumlah lembarnya diperbanyak. Yaitu tiap sebelum/setelah salah wajib lima waktu, harus membaca empat (4 lembar). Jadi dalam sehari, target kamu adalah mengaji hingga 20 lembar.

Selengkapnya lihat infografis.

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!