Terlalu Sering Lihat Ponsel, Waspadai Computer Vision Syndrome

Jum'at, 16 April 2021 - 19:00 WIB
click to zoom

Tanpa disadari kita berhadapan dengan layar ponsel terlalu lama sehingga membuat mata mudah lelah dan pedih. Apalagi saat work from home (WFH) dan berupaya membunuh waktu untuk menunggu waktu berbuka. Blue light atau cahaya biru yang dipancarkan layar smartphone dapat berdampak negatif pada mata dan kesehatan secara keseluruhan.

Dari beragam masalah terkait paparan cahaya dari layar ponsel, yang mungkin paling sering adalah Computer Vision Syndrome (CVS) . Sindrom ini juga dikenal dengan sebutan visual fatigue dan digital eye strain. Yakni, istilah untuk kumpulan gejala yang berhubungan dengan gangguan mata akibat penggunaan perangkat elektronik berbasis komputer, seperti laptop, dekstop, handphone, dan tablet.

BACA JUGA :

BAHAYA LANGSUNG TIDUR SETELAH MAKAN SAHUR BAGI KESEHATAN MANFAAT KURMA UNTUK KESEHATAN, COCOK UNTUK BUKA PUASA DAN SAHUR

Gejala yang biasanya menyertai CVS adalah mata lelah atau pegal, penglihatan kabur atau ganda, dan mata merah, kering, atau terasa panas. Bahkan pada beberapa kasus, CVS dapat disertai sakit kepala, leher, pundak, dan punggung.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!