Tidur Lebih dari 10 Jam Sehari , Apakah Berbahaya?

Jum'at, 19 Maret 2021 - 20:00 WIB
click to zoom
Tidur Lebih dari 10 Jam Sehari , Apakah Berbahaya? Jika kebanyakan orang mengeluh insomnia atau susah tidur, tak sedikit juga yang malah punya kebiasaantidurpanjang. Ya, secara normal usia dewasa muda durasi tidurnya itu 7-8 jam per hari. Tapi, apa jadinya kalau tidur lebih dari 10 jam?Kondisi ini disebut dengan 'long sleep' dan apakah itu berbahaya untuk kesehatan?

ijelaskan Dokter Spesialis Saraf dr Manfaluthy Hakim, SpS(K), sejatinya efek dari tidur panjang tersebut tidak ada. Namun, kebiasaan itu bisa menjadi tanda atau gejala kondisi tertentu."Jika Anda tidur panjang, ini harus dicari tahu penyebabnya, apakah ada penyakit yang tak terdeteksi, atau akibat dari obat tertentu. Ya, harus diteliti lebih lanjut," papar dr Manfaluthy dalam webinar, Jumat (19/3/2021).

BACA JUGA :

MENTERI KESEHATAN TERBITKAN ATURAN VAKSINASI MANDIRI

4 BAHAN ALAMI INI AMPUH ATASI KULIT KEPALA KERING, BYE KETOMBE

Tapi, salah satu kondisi penyakit yang bisa dikenali dari kebiasaan tidur panjang atau durasinya lebih dari normalnya adalah hypersomnolence.Ini adalah penyakit kantuk berlebih yang dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit, misalnya meliputi jetlag, aktivitas berat, mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, kehamilan, alkohol, atau sebelumnya sulit tidur.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!