Empat Tips untuk Bisa Lepas dari Gigitan Lintah di Kulit

Sabtu, 24 Juni 2023 - 14:07 WIB
click to zoom
Lintah merupakan hewan kecil yang sering ditemukan di lingkungan yang lembab seperti rawa, sungai dan hutan. Meski lintah memiliki peran penting dalam ekosistem alam, gigitan lintah pada kulit manusia dapat menjadi masalah yang mengganggu. Gigitan lintah biasanya terjadi ketika lintah melekat pada kulit manusia untuk memperoleh darah sebagai sumber makanan.

Baca juga: Jenis Daun untuk Penurun Kolesterol Tinggi

Efek gigitan lintah ini beragam, mulai iritasi kulit ringan seperti gatal hingga reaksi alergi yang parah. Selain rasa gatal, gigitan lintah juga dapat menyebabkan iritasi kulit lokal. Beberapa orang mungkin mengalami kemerahan, bengkak atau ruam di area yang tergigit.Reaksi ini umumnya bersifat sementara dan akan memudar dalam beberapa hari.

Baca juga: 4 Sayuran Hijau Penurun Kolesterol

Namun, jika terjadi iritasi yang parah atau infeksi , perlu segera ditangani. Jika Anda mengalami gigitan lintah, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk melepaskan gigitan lintah dengan aman dan mengurangi risiko iritasi lebih lanjut: Tips Melepas Gigitan Lintah. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!