Baik Bagi Kesehatan, Ini 6 Manfaat Black Garlic

Selasa, 24 Januari 2023 - 18:00 WIB
click to zoom
Masyarakat Indonesia, umumnya menggunakan bawang putih sebagai bahan utama bumbu masakan. Tetapi pernahkah Anda mendengar tentang bawang hitam atau black garlic ? Bawang hitam sendiri merupakan hasil fermentasi dari bawang putih segar yang masih mentah. Bawang akan disimpan pada suhu antara 60 sampai 77 derajat celcius selama sekitar 30 hingga 90 hari.

Baca juga: Baik Buat Kesehatan, Ini 6 Manfaat Goji Berry

Dalam prosesnya tersebut, akan menghasilkan tekstur dan rasa bawang putih yang berbeda. Teksturnya lebih lembut, lebih kenyal, dan lebih manis dari bawang putih mentah biasa. Meskipun tak banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, black garlic memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilansir dari WebMD, Senin (23/1/2023).

Baca juga: 6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pertama, sama halnya dengan bawang putih mentah segar, black garlic dapat membantu mengatur kadar gula darah. Dengan mengurangi gula darah tinggi, membantu mencegah masalah kesehatan yang serius, seperti gejala diabetes , disfungsi ginjal, dan lainnya. Tingkat antioksidan yang lebih tinggi dalam black garlic juga dapat membantu mencegah komplikasi terkait diabetes. Selengkapnya lihat infografis Sindonews.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!