Gejala Hepatitis Misterius, Waspada Jika Dialami Anak-Anak

Rabu, 04 Mei 2022 - 15:45 WIB
click to zoom
Sebanyak tiga anak meninggal dunia diduga karena hepatitis misterius dalam rentang 2 minggu terakhir hingga 31 April 2022. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun meminta masyarakat waspada jika buah hati mereka menunjukkan sejumlah gejala. Diketahui bahwa ketiga anak tersebut memiliki gejala meliputi kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang hingga penurunan kesadaran.

Baca juga: Riset Terbaru Sebut Gelombang Suara Bisa Hancurkan Sel Kanker

Di sisi lain, Kemenkes menyatakan bahwa pihaknya telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir. Kewaspadaan ini menyusul setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kejadian luar biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia.

Baca juga: Lebah Asia Serang Inggris, Warga Diminta untuk Waspada

Namun, sampai saat ini belum diketahui penyebabnya sejak 15 April 2022. Kewaspadaan tersebut semakin meningkat, setelah diketahui ada tiga pasien anak dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo ( RSCM ) diduga terdiagnosa hepatitis akut.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!