5 Makanan Enak Ini Bisa Meningkatkan Kolesterol Baik

Minggu, 30 Januari 2022 - 20:00 WIB
click to zoom
Memilih makanan sehat untuk meningkatkan kolesterol baik menjadi pilihan tepat. Mulai dari memilih buah dan sayuran, sebaiknya diperhatikan. Pilih yang dapat meningkatkan kolesterol baik. Kolesterol adalah satu penyakit yang paling banyak diderita namun seringkali tidak disadari. Pasalnya kolesterol tinggi sama sekali tidak memiliki gejala, hingga seseorang mengetahuinya melalui cek darah.

Baca juga: Waspadai Tanda Kolesterol Tinggi di Jari Kaki Anda

Seperti diketahui, kolesterol adalah zat seperti lemak yang berada dalam darah dan dibutuhkan tubuh untuk membantu membuat hormon, mensintesis vitamin D, mencerna makanan, dan lainnya. Karena tekstur kolesterol seperti lemak dan lilin, maka terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyebabkan pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Perlu diingat, tidak semua kolesterol itu sama.

Baca juga: Tips Sehat Membuat Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Naik

Ada dua jenis kolesterol yakni: low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL sering disebut sebagai kolesterol 'jahat' atau 'buruk', karena lebih cenderung menumpuk di pembuluh darah. Sementara, HDL disebut sebagai kolesterol 'baik' atau membantu karena mereka mengambil kelebihan kolesterol dalam darah, termasuk LDL, dan membawanya ke hati di mana dapat dipecah dan dikeluarkan.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!