Dianggap Mitos, Paus Bertanduk Ternyata Hidup di Arktik

Selasa, 23 November 2021 - 17:15 WIB
click to zoom

Selama ini, hewan bertanduk biasanya dimiliki oleh binatang yang ada di darat. Namun di perairan Arktik yang dingin, terdapat paus bertanduk satu yang menyerupai hewan dongeng kuda unicorn. Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), paus tersebut disebut narwhal yang mengacu pada kulitnya yang abu-abu dan belang-belang.

Narwhals adalah sumber penghidupan yang penting bagi orang Inuit, kelompok masyarakat adat yang terkait secara budaya di Greenland, Kanada, dan Alaska. Ahli biologi kutub dari University of Washington Kristen Laidre mengatakan, narwhal adalah salah satu hewan yang paling sulit untuk dipelajari.

BACA JUGA :

PAUS BERPERAN PENTING SEBAGAI SUMBER NUTRISI DI LAUT

NELAYAN THAILAND TEMUKAN MUNTAHAN PAUS SENILAI RP17 M

Paus yang merupakan saudara dekat dari paus beluga ini memiliki ukuran yang sama dan kerap melakukan kawin silang. "Narwhal pada dasarnya sangat sulit dipahami dan licik," katanya seperti dikutip Live Science, Selasa (23/11/2021). Hal yang paling unik dari narwhal adalah gading spiral yang mengesankan. Tetapi hanya beberapa narwhal yang memilikinya, biasanya jantan dewasa dengan panjang sekitar 4,6 meter dan berat 1.590 kilogram. Selengkapnya lihat di infografis.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!