Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget dan Peran Orang Tua

F. Reinaldo Nugraha
Jum'at, 18 Juni 2021 - 20:00 WIB
Ciri-Ciri Anak Kecanduan Gadget . Gadget atau gawai merupakan perangkat yang bisa dioperasikan oleh berbagai usia. Terlebih anak-anak sekarang, yang ketika lahir sudah di era digital, mungkin tak seperti para orang tuanya dulu.Roslina Verauli, Psikolog Anak dan Keluarga, mengatakan bahwa di era digital saat ini, orang tua tidak bisa menghindari anak dalam penggunaan gawai. Sebab, gawai dinilai bagus dalam kehidupan anak di masa mendatang.

Namun di lain sisi, orang tua tentu khawatir jika anak mereka kecanduan gadget. Tetapi orang tua juga tidak tahu pasti indikasi bahwa anak telah kecanduan gadget. Vera menjelaskan, bahwa kecanduan gadget diindikasikan dengan terganggunya fungsi anak sehari-hari, seperti bermain, belajar, berinteraksi dengan keluarga dan teman.

BACA JUGA : ----------------------------------------

KASUS CORONA DI JAKARTA MELONJAK, WAGUB UNGKAP PENYEBABNYA

INI VAKSIN YANG TAK BOLEH DIGUNAKAN UNTUK VAKSINASI GOTONG ROYONG

"Penggunaan gadget untuk anak-anak bermain jangan lebih dari satu jam," jelasnya secara virtual.Kendati demikian, tak sedikit juga orang tua yang menggunakan gawai sebagai sosok pengganti dirinya. Jadi, alih-alih mengajak main anak, tetapi malah membiarkannya bermain gawai sendiri.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Terkait
More