Teroris KKB Papua Bakar Gedung SD, Rumah Guru dan Puskesmas

Samsul
Selasa, 04 Mei 2021 - 12:00 WIB

Teror kembali dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau yang lebih dikenal dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak Papua. Dimana bangunan SD Inpres Mayuberi, dua unit rumah dinas guru, dan Puskesmas lama Ilaga Utara di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara, dibakar pada Senin (3/5/2021).

Selain itu Jembatan Kimak, Jalan Tagaloa dan Jalan Wuloni pintu angin juga dirusak oleh kelompok separatis yang telah dilabeli sebagai teroris tersebut. Teror ini dilakukan oleh anggota enam kelompok OPM yang tengah berkumpul di Kabupaten Puncak Papua. Kelompok-kelompok tersebut diperkirakan diantaranya kelompok Lekagak Telenggen, Egianus Kogoya, Jhony Botak, Goliat Tabuni, Sabinus Waker dan Militer Murib. Berkumpulnya anggota enam kelompok OPM tersebut untuk menghadiri acara bakar honai di Kabupaten Puncak yang selesai pada hari Selasa (4/5/2021) ini.

------------------------------------------------------------
BACA JUGA :
PEMERINTAH TETAPKAN KKB PAPUA SEBAGAI ORGANISASI TERORIS

KABINDA PAPUA GUGUR DALAM KONTAK SENJATA DENGAN KKB
------------------------------------------------------------

Berkumpulnya enam kelompok besar OPM bukannya tidak diantisipasi, karena Pasukan TNI-Polri dalam jumlah besar juga telah dikerahkan ke Kabupaten Puncak bahkan dipimpin oleh beberapa jenderal bintang satu. Mereka membawahi satuannya masing masing.



(sam)
Terkait
Lainnya
Interaktif