Tips Anti Mengantuk Saat Sedang Membaca

Masyhudi
Kamis, 22 April 2021 - 19:00 WIB

Membaca mungkin merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terkadang, kita bisa menjadi lebih tenang dan santai ketika sedang membaca sebuah buku. Sayangnya, terlalu santai justru membuat kita mengantuk dan ketiduran saat membaca.

Banyak faktor yang membuat diri kita mengantuk, di antaranya seperti posisi membaca yang salah, buku yang tidak menarik, waktu yang tidak cocok, dan bahkan keterpaksaan untuk membaca sebuah buku bisa membuat seseorang mengantuk. Nah, hal-hal seperti ini bisa kalian atasi dengan mengikuti lima hal berikut ini.

1. JANGAN TERLALU NYAMAN SAAT MENGATUR POSISI TUBUH
Kebanyakan dari kita pasti akan mencari posisi membaca yang nyaman agar lebih rileks, seperti berbaring di tempat tidur atau bersandar ke bantal. Sikap pemalas itu malah akan menstimulasi diri kita untuk tidur dibandingkan membaca.

------------------------------------------------------------
BACA JUGA :
SELAMATKAN BUKU, HARUS ADA GERAKAN BERSAMA MASYARAKAT MEMBACA

MEMBACA AL-QUR’AN ADALAH AMALAN DI BULAN RAMADHAN BERTABUR PAHALA
------------------------------------------------------------

2. JAGA RUANGAN MEMBACA TETAP TERANG
Ketika membaca, mata secara teratur mengikuti kata-kata di seluruh halaman. Kemudian, otak akan bekerja keras menafsirkan huruf-huruf yang dilihat mata menjadi lebih bermakna. Pencahayaan merupakan aspek terpenting saat membaca, mata akan lebih mudah lelah jika cahayanya yang terlalu terang atau kurang.

Selengkapnya lihat di infografis.



(udi)
Terkait
Lainnya
Interaktif