Yang Perlu Dilakukan Calon Penerima Sebelum Divaksin Covid-19

F. Reinaldo Nugraha
Jum'at, 12 Maret 2021 - 20:00 WIB
Yang Perlu Dilakukan Calon Penerima Sebelum Divaksin Covid-19 . Pemerintah telah melakukan vaksinasi kepada masyarakat sejak bulan Januari 2021. Vaksin Sinovac sudah diberikan kepada tenaga kesehatan dan pegawai pelayanan publik serta lansia. Agar pelaksanaan imunisasi bisa lancar, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan masyarakat sebagai calon penerima.

Pakar Virologi dan Imunologi dari UGM, Mohamad Saifudin Hakim mengatakan, sebenarnya tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan masyarakat sebelum menjalani vaksinasi . Secara medis tidak perlu ada persiapan spesifik yang harus dilakukan.

“Sebenarnya tidak ada persiapan spesifik yang mesti dilakukan dari sisi medis, misalnya harus konsumsi makanan, minuman, atau obat tertentu,” katanya, Rabu (12/3/2021).

------------------------------------------------------------

BACA JUGA :

MENTERI KESEHATAN TERBITKAN ATURAN VAKSINASI MANDIRI

4 BAHAN ALAMI INI AMPUH ATASI KULIT KEPALA KERING, BYE KETOMBE

------------------------------------------------------------

Hakim mengatakan, agar hasil vaksinasi bisa maksimal perlu masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari menjaga kesehatan dan kebugaran, hingga mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Tidak kalah penting untuk istirahat cukup.

“Hindari melakukan kegiatan berat yang mengakibatkan kelelahan sehingga saat menerima vaksin kondisi tubuh dalam keadaan prima,” katanya.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Terkait
More