Gempa Bumi Kembali Guncang Bolsel, Tak Berpotensi Tsunami

F. Reinaldo Nugraha
Kamis, 29 Oktober 2020 - 15:00 WIB
Wilayah Teluk Tomini, kembali diguncang gempa bumi. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,26 Lintang Selatan (LS) dan 124,46 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa bumi berada di laut, berjarak 88 km arah tenggara Kota Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut) pada kedalaman 10 km. Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi BMKG Sulut, Edward H Mengko mengatakan, bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.

------------------------------------------------------------
Baca juga :
WASPADA! DAMPAK LA NINA TERHADAP WARGA JABODETABEK

GEMPA BUMI GUNCANG BANTEN TIGA KALI, GONCANGAN HINGGA SUKABUMI
-----------------------------------------------------------

"Ada subduksi lempeng laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," ujarnya, Kamis (29/10/2020). Guncangan gempa bumi ini menurutnya dirasakan di daerah Kotamobagu dengan skala I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotenai tsunami. 
Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Terkait
Lainnya
Interaktif