Dataran Tinggi Dieng Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M=3.0

F. Reinaldo Nugraha
Senin, 19 Oktober 2020 - 15:00 WIB
Wilayah dataran tinggi Dieng dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Senin (19/10/2020), pukul 10.55 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,10 LS dan 109.85 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km arah Utara Dieng, Provinsi Jawa Tengah pada kedalaman 17 Km.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie menjelaskan, jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang belum teridentifikasi (blind fault).

-----------------------------------------------------------------------
BACA JUGA:
JAKARTA DIANCAM BANJIR, TIGA HAL INI PERLU DIANTISIPASI

PELAKU PERUSAKAN FASILITAS DI JAKARTA DIBURU POLDA METRO JAYA
-----------------------------------------------------------------------

"Yang bisa jadi merupakan bagian dari sistem sesar baribis kendheng, mengingat epicenter terletak di tenggara segmen baribis kendheng segmen pekalongan," ungkap Setyoajie. Sementara, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah dataran tinggi Dieng (Getaran dirasakan oleh beberapa orang di Pos PGA Dieng, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).
Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Terkait
Lainnya
Interaktif