Puasa Ramadhan Bagi Wanita Hamil, Bagaimana Hukumnya?

Sabtu, 24 April 2021 - 19:00 WIB
click to zoom

Puasa merupakan salah satu ibadah yang diperintahkan Allah subhanhu wa taala kepada semua umat Islam. Setiap muslim dibebani tugas berpuasa, terutama puasa wajib seperti puasa Ramadhan. Lantas bagaimana dengan sosok perempuan hamil ? Apakah tetap dibebani tugas berpuasa atau tidak? Bagaimana pula hukumnya dalam pandangan syariat?

Perempuan hamil termasuk orang yang dibebani tugas berpuasa sebagaimana yang lainnya. Akan tetapi, jika dia khawatir akan berbahaya bagi dirinya atau janinnya, dibolehkan baginya berbuka.Dalilnya adalah dari Ibnu Abbas radhiallahu anhum berkata dalam firman Allah Ta'ala,

BACA JUGA:

6 HIKMAH PUASA RAMADHAN YANG PENTING DIKETAHUI UMAT ISLAM

ORANG-ORANG YANG DIPERBOLEHKAN TIDAK BERPUASA RAMADHAN

Tentang hukum perempuan hamil berpuasa , Ustaz Adi Hidayat atau dikenal dengan UAH menjawab pertanyaan ini melalui Channel YouTube sebagai berikut: “Perempuan yang tengah mengandung, maka oleh para ulama menjelaskan bila tidak mampu ia berpuasa, khawatir pada kesehatan diri dan janinnya, ia boleh berbuka, dianalogikan pada orang yang sakit, dengan uzurnya bukan karena penyakitnya,” jelas UAH pada video.

(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!