Keutamaan Shalat Tarawih pada Bulan Puasa Ramadhan

Sabtu, 17 April 2021 - 19:00 WIB
click to zoom

Salat Tarawih adalah salat sunnah muakkadah yang tidak terpisahkan dari bulan Ramadhan. Waktunya dikerjakan sesudah salat Isya’ sampai terbitnya fajar yang menandakan masuknya waktu subuh.Pengasuh Ponpes Al-Fachriyah, Tangerang, Habib Ahmad bin Novel Jindan menjelaskan keutamaan salat tarawih sebagaimana dikerjakan oleh para sahabat, tabi’in, salaf dan hingga masa kini memiliki keutamaan yang besar. Seperti diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim dari riwayat Sayyiduna Abu Hurairah RA, berkata: “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam (SAW) telah bersabda: Barang siapa menghidupkan bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu”.

“Imam Nawawi berkata, yang dimaksud menghidupkan bulan Ramadhan adalah dengan salat tarawih,” terang Habib Ahmad bin Novel. Salat tarawih yang dikerjakan setiap malam Ramadhan adalah sunnah yang harus dipatuhi. Ulama besar Yaman, Al-Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad dalam kitab Nasoih Ad-Diniyyah tentang salat tarawih menjelaskan bahwa para salaf (rahmatullahi ‘alaihim) membaca Alquran dari awal hingga akhir di dalam salat tarawih.

BACA JUGA:

DOA-DOA YANG BISA DIAMALKAN SELAMA BULAN SUCI RAMADHAN

HARUS TAHU, INILAH BERBAGAI HAL YANG MEMBATALKAN PUASA

Setiap malam dibacanya sekadar yang mampu sampai mereka khatamkan Alquran itu pada malam-malam tertentu di akhir bulan Ramadhan . Sebagaiman firman Allah Ta’ala: “Dan setiap perbuatan baik yang kamu sediakan untuk diri kamu terlebih dahulu, akan kamu dapati ia di sisi Allah.” (AI-Baqarah: 110)

(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!