5 Jajanan Tradisional Khas Yogyakarta, Ada yang Sejak Era Mataram

Minggu, 03 Januari 2021 - 20:00 WIB
click to zoom

Yogyakarta memiliki aneka ragam kuliner yang memanjakan lidah. Baik makanan berat seperti nasi ataupun camilan berupa kue-kuean. Kalau menyebut jajanan pasar, yang muncul dalam benak kita pastinya kue-kue tradisional yang bermacam-macam. Kue-kue ini juga memiliki cita rasa khas daerahnya masing-masing.

Nah, berikut ini rangkumkan ragam jajanan tradisional unik khas Jogja yang jangan sampai dilewatkan manakala berkunjung ke Kota Gudeg, sebagaimana dilansir dari dari akun TikTok @liburandijogja.

1. Jadah Manten

Jadah manten merupakan kue tradisional khas Yogyakarta yang dibuat dari ketan, santan, dan dalamnya diisi daging ayam atau sapi lalu dibungkus dengan telur dadar. Kue ini biasanya berbentuk balok dengan ukuran tertentu.

BACA JUGA :

5 KULINER LUAR NEGERI INI MIRIP DENGAN MAKANAN INDONESIA GELIAT KEKUATAN BISNIS PEREMPUAN RAMBAH KULINER HINGGA KONVEKSI

2. Kipo

Merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung ketan yang diberi isian tetelan atau parutan kelapa yang dimasak dengan gula Jawa. Kue ini khas dengan warna hijau dan cokelat hasil perpaduan gula merah dan kelapa.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!