Sejarah Korps Brimob Polri Di Hari Jadinya yang ke-75

Sabtu, 14 November 2020 - 17:00 WIB
click to zoom
Korps Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia atau sering disingkat Korps Brimob Polri merayakan hari jadinya yang ke-75 hari ini, Sabtu 14 November 2020. Pasukan elite Polri yang pernah bernama Mobile Brigade adalah kesatuan operasi khusus yang bersifat paramiliter milik Polri.

Dikutif dari Wikipedia, Korps Brimob juga dikenal sebagai salah satu unit tertua yang ada di dalam organisasi Polri. Beberapa tugas utamanya adalah penanganan terorisme domestik, penanganan kerusuhan, penegakan hukum berisiko tinggi, pencarian dan penyelamatan (SAR), penyelamatan sandera, dan penjinakan bom (EOD).

BACA JUGA :

KOMJEN POL AGUS ANDRIANTO MASUK BURSA CALON KAPOLRI

TERIAK KAMI BERSAMA HABIB RIZIEQ PRAJURIT TNI DITAHAN 14 HARI

Korps Brimob juga bersifat sebagai komponen besar di dalam Polri yang dilatih untuk melaksanakan tugas-tugas anti-separatis dan anti-pemberontakan, sering kali bersamaan dengan operasi militer. Korps Brimob tergolong sebagai "Unit Taktis Polisi" (Police Tactical Unit - PTU) dan secara operasional bersifat kesatuan Senjata dan Taktik Khusus (SWAT) polisi (termasuk Densus 88 dan Gegana Brimob). Simak di infografis.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!