Sekarang Boarding untuk Naik Kereta Cukup Pakai Wajah

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:39 WIB
click to zoom
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, penerapan digitalisasi pelayanan publik di sektor transportasi akan semakin meningkatkan pelayanan angkutan massal. Menhub menyebutkan, digitalisasi perizinan yang dilakukan di sektor perhubungan, dapat mempersingkat alur birokrasi sehingga pelayanan perizinan menjadi lebih cepat dan mudah.

Baca juga: SAF, Militer dengan Angkatan Udara Paling Kuat di Asia Tenggara

Digitalisasi sudah dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam menerapkan teknologi pemindai wajah atau face recognition boarding gate. "Saat ini PT KAI sudah dapat menggunakan wajah (face recognition) untuk melakukan konfirmasi perjalanan saat akan boarding, sehingga makin cepat dan memudahkan pengguna jasa kereta api,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Robot Humanoid Buatan Tesla akan Lebih Murah dari Mobil

Menhub mengatakan dengan teknologi itu, penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) hanya perlu menampakkan wajah saat boarding tanpa harus menunjukkan tiket kereta dan KTP dengan proses yang tidak lebih dari 1 (satu) menit. Saat ini, face recognition sudah tersedia di 9 stasiun, yakni di Stasiun Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!