Doa Pulang Haji yang Dianjurkan Lengkap Arab dan Latin

Jum'at, 09 Juni 2023 - 19:44 WIB
click to zoom

Doa pulang Haji dan Umrah berikut zikirnya sangat baik diamalkan para jemaah haji yang kembali ke rumahnya. Berdoa ketika pulang haji dan umrah ini termasuk di antara adab yang disunnahkan. Selain menggelar acara syukuran, jemaah Haji dianjurkan berdoa dan membaca zikir saat kembali ke Tanah Air.

Baca juga: Doa yang Dianjurkan ketika Masuk Masjidil Haram Makkah

1. Doa Pulang Haji ketika Dalam Perjalanan

Doa ini dibaca ketika dalam perjalanan pulang atau saat tiba di rumah. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Sahabat Anas radhiyallahu 'anhu. Berikut redaksi doanya: Aayibuuna Taaibuuna 'Aabiduuna Li Robbina haamiduun. Artinya: "(Kami) pulang dalam keadaan bertaubat, beribadah, bersujud kepada Tuhan kami, dan dalam keadaan memuji."

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Dikerjakan Jemaah pada saat Hari Arafah

2. Doa Pulang Haji Ketika Tiba di Rumah

Bismillaahi Allaahumma innii as-Aluka khairaha wa khairi ahliha wa khairo maa fiiha wa a'uudzubika min syarriha wa syarri ahliha wa syarri maa fiiha. Artinya: "Dengan nama Allah. Ya Allah, aku memohon kebaikannya, kebaikan pemiliknya, dan kebaikan sesuatu yang ada di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan pemiliknya, dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya."

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!