Astronom Teliti Planet yang Mampu Melelehkan Aluminium

Selasa, 04 April 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Para astronom menemukan planet alien berukuran raksasa yang hanya berjarak 70 tahun cahaya dari Bumi. Para astronom menyebut sebagai planet alien karena sangat aneh dengan suhu yang dapat dengan cepat melelehkan aluminium. Para astronom telah menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb untuk pengamatan dengan ketelitian paling tinggi terhadap planet yang memiliki massa 20 kali planet Jupiter.

Baca juga : AS Perpanjang Penempatan Gugus Tempur Kapal Induk di Mediterania

Planet ini punya dua matahari dan mengorbit 10.000 tahun serta selalu dilanda badai pasir yang menggelora. Para astronom mengatakan, planet yang diberi nama VHS 1256 b diselimuti awan yang bergolak dari butiran silikat di atmosfernya. Penemuan ini dipublikasikan di server pracetak arXiv, telah melalui proses peer review dan akan muncul di The Astrophysical Journal Letters.

Baca juga : Perbedaan Sistem Rudal S-400 dan S-500 Rusia

Pada lapisan atmosfer planet VHS 1256 b, dideteksi banyak komponen lain yang beredar, yaitu metana, karbon monoksida, dan air dengan bukti tambahan karbon dioksida. “Kami melihat banyak molekul dalam satu spektrum dari JWST yang merinci awan dinamis dan sistem cuaca planet ini,” kata astrofisikawan Paul Moliere dari Max Planck Institute for Astronomy di Jerman dikutip dari laman ScienceAlert, Senin (3/4/2023).Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!