4 Fakta dan Kecanggihan Sistem Rudal Canggih Rusia Buk-M3

Selasa, 28 Februari 2023 - 07:00 WIB
click to zoom
Rusia menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Tak bisa dipungkiri, mereka menjadi kekuatan besar yang cukup disegani negara-negara lain. Tidak hanya dalam hal pasukan atau tentaranya, Rusia juga memiliki berbagai jenis persenjataan canggih yang menyokong kekuatan militernya, baik di darat, laut, hingga udara sekalipun.

Baca juga: Presiden Rusia Vladimir Putin Fokus Penguatan Triad Nuklir

Dari sekian banyak, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah sistem rudal Buk-M3. Pada perangnya dengan Ukraina, Kremlin juga diketahui telah menurunkan senjata canggih tersebut. Berikut sejumlah kecanggihan Buk-M3, sistem rudal canggih Rusia yang perlu dikhawatirkan Ukraina.

Baca juga: Jangan Coba Remehkan Keunggulan Daya Tembak Rusia

1. Lebih Canggih dari Pendahulunya

Buk-M3 menjadi salah satu sistem rudal canggih yang dimiliki Rusia. Mengutip laman Eurasian Times, Senin (27/2/2023), mereka dirancang sebagai sistem pertahanan udara untuk melawan berbagai target aerodinamis, termasuk rudal jelajah. Telah digunakan sejak tahun 2016, pengembangnya menyematkan rudal 9M317M modern dan komponen elektronik yang membuatnya jauh lebih baik dari sistem Buk sebelumnya.

Selengkapnya lihat infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!