Kapal Induk Inggris Pernah Melacak dan Kejar Kapal Selam China

Senin, 13 Februari 2023 - 09:35 WIB
click to zoom
Kapal induk HMS Queen Elizabeth Angkatan Laut Kerajaan Inggris ternyata pernah melacak dan mengejar kapal selam mata-mata China dalam insiden menegangkan di perairan Laut China Selatan. Itu terjadi pada musim panas 2021, namun baru terungkap dalam film dokumenter BBC yang akan ditayangkan pada Minggu (12/2/2023).

Baca juga: Kapal Induk Liaoning, Dulu dijual Ukraina Kini Diincar Rusia

Cuplikan dua menit dari dokumenter itu menunjukkan bagaimana perwira Angkatan Laut di atas kapal induk HMS Queen Elizabeth menemukan kapal selam mata-mata China menggunakan sonobuoys yang canggih. Sonobuoys adalah perangkat sonar kecil yang dijatuhkan ke air untuk mengambil suara mesin dan baling-baling dari kapal selam asing.

Perwira tersebut terlihat dengan cepat mengerahkan helikopter yang menjatuhkan muatan sonobuoys lain ke dalam air untuk melakukan pelacakan secara akurat terhadap kapal selam tersebut. Kapal selam China pada akhirnya terlacak menjauh dari kapal induk Inggris.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 12 Februari 2023 - 00:40 WIB oleh Muhaimin dengan judul "Terungkap, Kapal Induk Inggris Kejar Kapal Selam China". Untuk selengkapnya kunjungi:

https://international.sindonews.com/read/1020465/41/terungkap-kapal-induk-inggris-kejar-kapal-selam-china-1676134937

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.

- Android: https://sin.do/u/android

- iOS: https://sin.do/u/ios Baca juga: Kapal Selam Nuklir Rusia Terbesar di Dunia Dinonaktifkan

Perwira tersebut terlihat dengan cepat mengerahkan helikopter yang menjatuhkan muatan sonobuoys lain ke dalam air untuk melakukan pelacakan secara akurat terhadap kapal selam tersebut. Kapal selam China pada akhirnya terlacak menjauh dari kapal induk Inggris. Selengkapyua liohat infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!