Pahami! Ini 3 Cara Lindungi Diri dari Angin Puting Beliung

Senin, 24 Oktober 2022 - 18:00 WIB
click to zoom
Angin puting beliung merupakan salah satu bentuk fenomena alam berupa angin kencang yang cukup berbahaya. Jenis bencana alam ini umumnya juga kerap terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Mengutip informasi dari laman Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, angin puting beliung bisa diartikan sebagai pusaran angin kencang berkecepatan sekitar 120 km/jam atau lebih.

Baca juga: Segini Harga Fomepizole, Obat Gangguan Ginjal Akut

Biasanya, salah satu jenis bencana alam ini terjadi di berbagai daerah tropis diantara garis balik utara dan selatan. Adapun penyebabnya sendiri dikarenakan perbedaan tekanan dalam sebuah sistem cuaca. Melihat karakteristiknya, puting beliung bisa juga terjadi sebagai dampak dari awan Cumulonimbus yang biasa tumbuh saat musim hujan, namun tak semua awan CB ini menjadi penyebabnya.

Baca juga:A was! 16 Aplikasi Ini Bisa Bikin Baterai Ponsel Sekarat

Mengingat sebuah bencana alam yang tidak bisa dipastikan datangnya, akan lebih baik jika mempersiapkan diri sedari awal untuk segala kemungkinannya. Sebagai gambarannya, Anda bisa melihat informasi cuaca pada televisi atau internet. Selain itu, waspadai juga beberapa tanda alami yang menunjukan akan datangnya angin puting beliung, seperti langit mendadak gelap hingga awan rendah, hitam, dan besar dan seringkali bergerak berputar.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!