Perilaku Aneh Penguin Jambul, Hanya Mau Mengerami Satu Telur

Kamis, 13 Oktober 2022 - 21:43 WIB
click to zoom
Penguin jambul tegak (Eudyptes sclateri) yang langka dari Selandia Baru ini, ternyata punya perilaku yang aneh. Penguin yang masuk kategori langka ini hanya mau mengerami satu telur dan memilih telur kedua yang ditetaskan. Selama ini perilaku aneh penguin jambul tegak ini belum bisa dipahami, mengapa hanya mengerami satu telur dan memilih telur yang kedua.

Baca: Sekjen NATO Jens Stoltenberg: Rusia Menang NATO Kalah

Sedangkan telur pertama malah ditinggalkan begitu saja tergeletak di sarang. Padahal untuk bertelur bagi penguin yang kawin dengan pasangan monogami ini membutuhkan energi yang intensif. Akhirnya, para peneliti dari Universitas Otago, Selandia Baru, menemukan jawaban dari perilaku aneh penguin jambul tegak ini.

Baca: Habiskan Rp10,7 Triliun Sehari, 6 Jenis Rudal Rusia yang Serang Ukraina

Setelah mempelajari biologi perkembangbiakan penguin jambul tegak, spesies yang dikenal karena mahkota bulunya yang runcing, para peneliti mengetahui bahwa induk penguin sengaja mengerami satu telur karena tidak dapat memberi makan dua anaknya sekaligus. Uniknya, penguin jambul tegak ini hanya memilih telur kedua untuk diinkubasi (dierami) sampai menetas.Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!