Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol, Begini Cara Konsumsinya

Rabu, 22 Juni 2022 - 20:00 WIB
click to zoom

Kolesterol yang tinggi kadarnya ternyata dapat diturunkan dengan bumbu dapur seperti bawang putih. Menurut hasil sebuah penelitian yang melibatkan hewan dan manusia, bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol bila dikonsumsi sebanyak setengah atau satu gram per hari.

Baca juga: Catat! Ini Jenis Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Manfaat bawang putih ini diduga berasal dari kandungan allicin yang terdapat di dalamnya. Allicin merupakan jenis asam amino yang membantu menghambat kinerja enzim pembentuk kolesterol.

Baca juga: Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis

Sementara itu, mengutip laman hellosehat, berbagai penelitian memang telah menunjukkan bahwa bawang putih memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol , salah satunya dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine. Hasil studi ini menunjukkan bahwa konsumsi 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung) setiap hari membantu menurunkan kolesterol dalam 2 bulan.

Simak infografis selengkapnya



1Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Putih

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 19 Juni 2022 - 15:07 WIB oleh Kevi Laras dengan judul "Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Putih, Ini Porsi Konsumsi per Hari yang Dianjurkan". Untuk selengkapnya kunjungi:

https://lifestyle.sindonews.com/read/802487/155/cara-menurunkan-kolesterol-dengan-bawang-putih-ini-porsi-konsumsi-per-hari-yang-dianjurkan-1655622390

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.

- Android: https://sin.do/u/android

- iOS: https://sin.do/u/ios
(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!