Awas Doxing di Media Sosial, Ini Cara Menghindarinya

Selasa, 31 Mei 2022 - 18:00 WIB
click to zoom
Doxing di media sosial menjadi pengalaman buruk bagi korban. Karena bisa berdampak pada kehidupan pribadi, karier, reputasi, dan masih banyak lagi. Internet, khususnya media sosial menjadi tempat penyebaran informasi yang begitu bebas. Saking masifnya informasi yang lalu-lalang di sana, dapat menimbulkan beragam risiko.

Baca juga: Masalah yang Akan Ditemui jika Nama Anak Terlalu Panjang

Salah satunya doxing di media sosial , yakni tindakan pencarian informasi pribadi orang lain tanpa izin pihak yang bersangkutan. Pembongkaran identitas ini tentu dapat berakibat buruk terhadap hak privasi seseorang. Dan mirisnya lagi, hampir semua doxing dilakukan dengan motif negatif. Beberapa pihak melakukannya untuk mengintimidasi dan membungkam pihak yang ditarget. Atau, bisa juga karena sakit hati dan balas dendam.

Baca juga: Diperluas, Ini 25 Titik Jalur Ganjil-Genap di DKI Jakarta

Nah, agar terhindar dari kejahatan ini, harus lebih waspada lagi. Salah satu penyebab doxing adalah minimnya kesadaran melindungi data pribadi di interne t. Untuk itu mulai sekarang perlu untuk lebih memperketat data pribadi. Berikut ini adalah tips agar terhindar dari doxing, seperti dilansir dari Kominfo. Selanjutnya lihat infografis.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!