Minuman Alkohol Ternyata Malah Berisiko Buat Jantung

Rabu, 25 Mei 2022 - 19:00 WIB
click to zoom
Patahkan klaim, minuman alkohol ternyata lebih berisiko buat jantung. Jadi jangan terlena dengan klaim-klaim yang menyebutkan minuman alkohol akan menyehatkan tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan di ajang Heart Failure 2022 yang diselenggarakan oleh European Society of Cardiology (ESC), ternyata ada laporan yang sangat besar akan kegagalan jantung di negara-negara tertentu.

Baca juga : Toxoplasma gondii Bakteri yang Bisa Membuat Orang Terlihat Menarik

Dalam hal ini adalah negara-negara yang memandang bahwa meminum alkohol dalam kadar tertentu sangat aman. Dr Bethany Wong dari St Vincent's University Hospital, Dublin, Irlandia mengatakan temuan itu harus ditindak lanjut dengan penelitian yang lebih serius lagi. Pasalnya temuan itu bertolak belakang dengan konsepsi yang sudah ada dimana minum alkohol dengan kadar tertentu dianggap aman.

Baca juga : Suhu India dan Pakistan Tembus 50 Derajat Celcius

"Buat yang belum minum, jangan mulai minum. Bagi yang sudah minum alkohol, kurangi konusmsinya. Dalam seminggu usahakan kurang dari satu botol anggur, atau kurang dari 500 ml bir kaleng," jelas Dr Bethany Wong. Disebutkan Eureka Alert, penelitian melibatkan 744 orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!