Jaringan Ginjal 3D Diproduksi untuk transplantasi pada manusia

Jum'at, 04 Februari 2022 - 20:00 WIB
click to zoom
Ilmuwan yang berbasis di Universitas Kumamoto (Jepang) menciptakan jaringan ginjal 3D pada akhirnya, ginjal buatan untuk transplantasi pada manusia. Dengan berfokus pada jenis jaringan yang sering diabaikan dari penelitian generasi organoid, sejenis jaringan organ yang terdiri dari berbagai jaringan pendukung dan ikat yang disebut stroma.

Baca juga: Waspadai Tanda Kolesterol Tinggi di Jari Kaki Anda

Dr. Ryuichi Nishinakamura dan timnya mampu menghasilkan teka-teki tiga bagian terakhir yang telah mereka kerjakan selama beberapa tahun.Setelah tiga bagian digabungkan, struktur yang dihasilkan ternyata seperti ginjal dalam arsitekturnya.Para peneliti percaya bahwa karya mereka akan digunakan untuk memajukan penelitian ginjal dan bahkan mengarah pada transplantasi organ di masa depan.

Baca juga: Tips Sehat Membuat Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Naik

Dalam penelitian terbaru mereka, tim IMEG telah mengembangkan metode untuk menginduksi komponen ketiga dan terakhir, progenitor stroma spesifik ginjal , pada tikus.Selanjutnya, dengan menggabungkan ketiga komponen ini secara in vitro, para peneliti mampu menghasilkan jaringan 3D seperti organ ginjal, yang terdiri dari tubulus bercabang luas dan beberapa struktur spesifik ginjal lainnya, seperti dikutip dari Kumamoto University, Rabu (2/2/2022).

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!