Pemerintah Uji Coba Bikin Bensin dari Minyak Sawit

Kamis, 27 Januari 2022 - 19:30 WIB
click to zoom
Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan uji coba pembuatan bensin dengan minyak sawit industri atau bensa skala demo plant untuk kendaraan bermotor. Bensa berkualitas tinggi ini akan menjadi parameter penyusunan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED).

Baca juga: Pemerintah Uji Terbang Bioavtur di Pesawat CN235, Sejarah Baru

Pemerintah berencana bisa memproduksi bensa berkapasitas 238,5 kiloliter (kl) per hari yang akan dibangun di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. "Saya berkesempatan melihat langsung proses dari crude palm oil (CPO) ke bensin, ide ini sudah lama diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung, Profesor Subagjo dan teman-teman, dan kemudian dua tahun yang lalu kita dorong supaya bisa di-scale up dari hasil skala laboratoriumnya," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangan, dikutip Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Inovasi Helm dari Limbah Serabut Sawit, Ini Keunggulannya

Dia menjelaskan, skala pilot plant berkapasitas 1.000 liter umpan per hari itu sudah bisa menghasilkan bahan bakar bensa yang pada saat katalisnya masih segar bisa menghasilkan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 115 atau bahan bakar berkualitas tinggi.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!