Gerbang Neraka di Turkmenistan, Ini Fakta dan Asal-usulnya

Senin, 10 Januari 2022 - 17:00 WIB
click to zoom
Kawah api Darvaza yang dijuluki sebagai Gates of Hell atau Gerbang Neraka di Turkmenistan sudah menganga dan memuntahkan api selama beberapa dekade. Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov berencana untuk memadamkannya. Tak ada penjelasan ilmiah tentang asal-usul atau teori bagaimana kawah api yang oleh penduduk setempat disebut telah memuntahkan api "napas iblis" itu muncul.

BACA JUGA: Satu-satunya Negara yang Buat dan Lenyapkan Bom Nuklirnya Sendiri

Kesulitan mengungkap misteri munculnya "Gerbang Neraka" itu wajar, karena Turkmenistan dulunya bagian dari Uni Soviet yang dikenal menyimpan rahasia besar. Kawah api Darvaza berada di tengah gurun Karakum yang luas. Hanya sedikit yang diketahui tentang munculnya kawah itu, yakni hasil dari operasi pengeboran minyak dan gas yang gagal oleh Soviet pada 1971.

BACA JUGA: Uniknya Helm Bertanduk Panjang, Simbol Penguasa Viking

Pada 2010, Presiden Berdymukhamedov sebenarnya pernah memerintahkan para ahli untuk menemukan cara memadamkan api di kawah tersebut. Tapi para ahli tersebut gagal dan sang presiden sekarang menuntut kawah api itu dipadamkan. "Karena berdampak negatif baik terhadap lingkungan maupun kesehatan orang-orang yang tinggal di dekatnya," katanya dalam sambutan yang disiarkan televisi, akhir pekan lalu.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!