Cara Atasi Kolesterol yang Disebabkan Karena Keturunan

Rabu, 08 Desember 2021 - 20:00 WIB
click to zoom

Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Selain gaya hidup yang tidak sehat, kolesterol tinggi ternyata juga bisa disebabkan karena keturunan alias genetika. Jika Anda memiliki kerabat dekat, seperti orang tua, saudara kandung, atau kakek-nenek, yang memiliki kadar kolesterol tinggi, kemungkinan besar Anda akan memilikinya sendiri.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh pewarisan gen dari orang tua kepada anak-anak yang meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, seperti gen yang mengkode reseptor yang rusak. Ini dikenal sebagai hiperkolesterolemia familial.

BACA JUGA :

5 CAMILAN MENGANDUNG KOLESTEROL TINGGI, JANGAN SERING DIKONSUMSI

JANGAN KONSUMSI BERLEBIHAN! INI 4 MINUMAN DENGAN KOLESTEROL JAHAT

Seperti dilansir laman Healthline, Hiperkolesterolemia familial adalah bentuk kolesterol tinggi yang diturunkan. Orang dengan kondisi ini umumnya memiliki kadar kolesterol lebih tinggi daripada orang tanpa kondisi ini, meskipun mereka menjalani pilihan gaya hidup sehat. Hal ini dikarenakan orang dengan kondisi ini tidak mampu mengatur kadar kolesterol seefisien orang lain. Orang dengan hiperkolesterolemia familial tidak dapat mengontrol kolesterol mereka melalui diet dan olahraga saja, dan mungkin perlu juga menggunakan obat-obatan.

(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!