3 Bencana Alam Paling Mematikan, Pernah Terjadi di Indonesia

Kamis, 18 November 2021 - 17:00 WIB
click to zoom
click to zoom
click to zoom
click to zoom
Di bawah ini adalah deretan bencana alam mematikan pernah melanda dunia. Bencana ini mengakibatkan ratusan ribu orang harus kehilangan tempat tinggal dan bahkan kehilangan nyawa. Berikut adalah 3 bencana alam paling mematikan yang pernah terjadi di dunia.

1. Tsunami

Bencana dahsyat berupa gelombang besar yang diakibatkan oleh pergerakan kerak bumi secara tiba-tiba atau yang biasa disebut tsunami, pernah beberapa kali melanda negara-negara di dunia. Satu yang paling besar dan banyak menelan korban jiwa terjadi di Indonesia, tepatnya Aceh pada Desember 2004. Dalam laporan yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bencana itu mengakibatkan lebih dari 165 ribu jiwa melayang.

BACA JUGA :

NEGARA-NEGARA YANG MEMILIKI PULAU TERBANYAK DI DUNIA

BEBERAPA KOTA DI INDONESIA YANG MEMILIKI CUACA TERPANAS

2. Gempa Bumi

Gempa bumi juga masuk ke dalam daftar bencana alam yang paling mematikan di dunia. Melansir Okezone, salah satu gempa bumi yang mematikan terjadi di Aceh pada 2004. Berkekuatan 9,1 hingga 9,3 skala Richter (SR), gempa tersebut menyebabkan tsunami dan mengakibatkan ratusan ribu warga tewas. Selain itu, ada pula gempa bumi berkekuatan 9 SR di Jepang.

Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!