Patung Kepala Domba Peninggalan Firaun Amenhotep III Ditemukan

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 20:00 WIB
click to zoom
Tiga patung raksasa kepala domba jantan yang diperkirakan peninggalan Firaun Amenhotep III ditemukan di selatan Kuil Karnak Luxor, Mesir. Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengumumkan bahwa tiga kepala domba jantan raksasa telah ditemukan oleh tim arkeologi Mesir di selatan gerbang yang dibangun oleh Ptolemy antara tahun 305 SM dan 30 SM.

Mustafa Waziri, Sekjen Dewan Tertinggi Purbakala Mesir mengatakan, pada zaman kuno, kepala domba jantan ini adalah bagian dari tiga patung besar yang memiliki tubuh yang agak mirip sphinx.Patung-patung itu ditempatkan di jalan besar yang mengarah ke selatan, membentang sejauh 2,7 kilometer antara Kuil Karnak dan Kuil Luxor.

BACA JUGA :

CAKRAM KUNO BERUSIA 3.600 TAHUN BERISI RAHASIA SURGA JADI PERDEBATAN

ARKEOLOG UNGKAP MISTERI DI TABLET KUNO BERUSIA 3.500 TAHUN

Jalan ini sering disebut "jalansphinx" dan terdapat sekitar 700 patung. Diperkirakan 700 sphinx berjajar di rute antara kuil Karnak dan Luxor."Ahli Mesir Kuno sedang dalam proses melestarikan patung kepala domba jantan dan akan menempatkannya kembali pada badan patung tersebut," kata Waziri dalam pernyataannya seperti dikutipLive Science, Kamis (21/10/2021).

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!