Kasus Covid-19 Terus Melonjak, POGI Minta Ibu Hamil Divaksinasi

Ahmad Hadi
Senin, 28 Juni 2021 - 22:00 WIB
Kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat jumlahnya. Ibu hamil rupanya tak luput dari amukan Covid-19. Buktinya, angka kasus positif Covid-19 ibu hamil di Indonesia pun turut meningkat. Perhimpunan Obstetri dan Ginekolog Indonesia (POGI) mengungkap, adanya varian baru yang masuk di Indonesia, seperti varian Delta yang menyebabkan populasi ibu hamil lebih rentan dan cepat mengalami perburukan hingga kematian.

Oleh karenanya, POGI mengeluarkan surat rekomendasi agar ada langkah tegas terkait pencegahan. Salah satunya terkait upaya mempercepat dan memperluas vaksinasi yang dapat menjadi bagian dari pencegahan dan pengendalian Covid-19, khususnya kepada ibu hamil .

BACA JUGA : ----------------------------------------

NAMA-NAMA VARIAN BARU COVID-19 YANG TERSEBAR DI SEANTERO DUNIA

INILAH WAKTU YANG TEPAT UNTUK SWAB ANTIGEN SERTA PCR

Sekjen Pengurus Pusat POGI Prof Dr dr Budi Wiweko, SpOG(K)-FER, MPH, mengatakan, Covid-19 meningkatkan risiko kejadian persalinan prematur dan komplikasi kehamilan lainnya. Di lain sisi, hingga saat ini, belum ada data ilmiah mengenai efektifitas maupun potensi bahaya pemberian vaksin Covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui, mengingat tergolong dalam kelompok vulnerable population.

(had)
Terkait
More