Masa Pandemi Jadi Momentum Tepat Kampanye Pentingnya Cuci Tangan

David Arif Winarko
Jum'at, 16 Oktober 2020 - 11:00 WIB
Geser layar untuk melihat slide berikutnya>>

Pandemi corona (Covid-19) yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia menjadi momentum tepat untuk mengampanyekan pentingnya kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Selain bisa menjadi sarana yang paling murah dan sederhana untuk mencegah penyebarluasan virus, kebiasaan CTPS menjadi fondasi penting hidup bersih dan sehat.

Pentingnya CPTS kembali digugah bersamaan dengan mo­men­tum Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober 2020. Bu­da­ya ini bisa dibangun bila semua komponen bangsa, terutama pe­merintah dan swasta, bersama-sama mendorong kampanye pe­ri­laku CTPS—melalui kemitraan swasta-publik untuk cuci tangan pakai sabun (KSP-CTPS)—, memastikan bahwa promosi dan ke­ter­­sediaan sarana cuci tangan terawat dan berkelanjutan serta me­nyampaikan pengetahuan tentang cuci tangan dengan benar.

------------------------------------------------------------
BACA JUGA :
VAKSIN DATANG LEBIH CEPAT, PROGRAM VAKSINASI DIMULAI NOVEMBER

MAHASISWA DIANDALKAN EDUKASI BAHAYA COVID-19 KEPADA MASYARAKAT
------------------------------------------------------------

Kebiasaan cuci tangan juga per­lu diajarkan di lingkup ke­luar­ga oleh para orang tua. Se­telah itu berkembang di tingkat masyarakat, RT/RW, dan se­te­rusnya. Artinya semua pihak juga harus ikut terlibat meng­ingat­kan kebiasaan hidup sehat, salah satunya rajin cuci tangan. Simak infografis.

(vid)
Terkait
Lainnya
Interaktif