Kriminologi, Jurusan Kuliah Kurang Diminati Namun Menjanjikan

Masyhudi
Jum'at, 14 Januari 2022 - 18:30 WIB
Kriminologi masih terhitung sebagai jurusan kuliah yang kurang populer. Di sisi lain angka kriminalitas di Indonesia terus meningkat. Keadaan ini pun membuat prospek kerja Kriminologi cukup menjanjikan di masa depan. Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejahatan dan penyebabnya di masyarakat. Alih-alih ilmu sains, Kriminologi adalah ilmu sosial yang berfokus pada penelitian tentang jenis, penyebab, hingga pengendalian kejahatan.

BACA JUGA: Waspada, Cetak Sertifikat Vaksin Rentan Dibajak Pelaku Kriminal

Dalam Kriminologi ada Ilmu Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Biologi, Sejarah, Geografi, Politik, Filsafat, Psikologi, dan Psikiatri. Selain itu, teknik-teknik penyelidikan tindak kriminal juga dipelajari di Jurusan Kriminologi. Selain penelitian sosial, mahasiswa Jurusan Kriminologi juga belajar tentang rekam sidik jari, reka ulang perkara, olah TKP, bahkan jejak darah.

BACA JUGA: Kejahatan Jalanan Kian Mengkhawatirkan di Masa Pandemi

Namun yang lebih penting, kuliah Jurusan Kriminologi membuat kita belajar tentang kejahatan dan bagaimana mengendalikannya berdasarkan pada penelitian empiris. Pemahaman, penjelasan, perkiraan, pencegahan, hingga kebijakan peradilan pidana tentang kejahatan diperoleh dari penelitian kriminologi.

(udi)
Terkait
More