Atlas Ottoman Cetakan Pertama dari Dunia Islam Ditemukan

F. Reinaldo Nugraha
Rabu, 24 November 2021 - 14:00 WIB
Selembar atlas Ottoman ditemukan di loteng rumah bersejarah Weston Hall, wilayah Northamptonshire, Inggris. Atlas tersebut dilaporkan sebagai atlas tercetak pertama di dunia Islam dan memiliki 24 warna.Menurut laporan Anadolu Agency (AA), hanya ada 50 salinan atlas Ottoman milik keluarga Sitwell yang pernah dicetak dan disimpan di manor selama lebih dari 300 tahun.

Rumah Lelang Drewatts menyatakan bahwa atlas Utsmaniyah yang dimaksud adalah "atlas pertama yang dicetak di dunia Islam". "Ini adalah atlas yang bagus. Kondisi penjilidan, peta geografis , dan peta langit luar biasa. Ini adalah barang yang menarik untuk dijual," kata Denise Kelly, seorang ahli dari Rumah Lelang Dreweatts, dikutip SINDOnews dari laman dailysabah, Selasa (23/11/2021).

BACA JUGA : ----------------------------------------

HARGA PANGAN GLOBAL TERUS NAIK, KELAPARAN ANCAM DUNIA

DUA TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-MA'RUF AMIN: JAGA ASA HADAPI 2022

Diperkirakan atlas Ottoman ini dibawa ke Inggris oleh Jenderal Lord Hely-Hutchinson, seorang anggota keluarga Sitwell. Salinan lain dari atlas yang jarang dicetak ini, tanpa disadari disimpan di arsip Perpustakaan Nasional Norwegia ditemukan pada tahun 2017.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Terkait
More