6 Fenomena Bulan Langka yang Menarik untuk Diamati dan Dinikmati

Ahmad Hadi
Jum'at, 22 Oktober 2021 - 14:00 WIB
Para astronom tengah mengamati sejumlah fenomena bulan langka selama beberapa bulan , dan tahun mendatang. Dilansir dari Newsweek.com berikut ini berbagai fenomena bulan langka yang harus disimak. Apa saja?

Supermoon

Supermoon Saat bulan purnama bertepatan dengan perigee, titik di orbit bulan yang paling dekat dengan Bumi, itu dikenal sebagai supermoon. Beberapa percaya mereka menyebabkan emosi yang meningkat. Karena kedekatannya dengan Bumi, supermoon dapat tampak 30 persen lebih terang dan hingga 14 persen lebih besar dari bulan purnama biasa. Nah, Supermoon berikutnya diperkirakan terjadi pada 14 Juni 2022.

BACA JUGA : ----------------------------------------

MENGENAL JUPITER, PLANET RAKSASA DAN TERBESAR DI TATA SURYA

ALIEN DI 29 PLANET MENGINTIP MANUSIA DI BUMI, PLANET APA SAJA?

2. Blood Moon

Gerhana bulan berikutnya akan terjadi pada 19 November dan akan terlihat dari sebagian Asia, Australia, Amerika Utara, Eropa utara dan timur, dan sebagian besar Amerika Selatan. Disebut juga sebagai blood moon, wajah bulan akan berubah menjadi merah saat melewati bayangan Bumi. Sementara gerhana bulan berikutnya hanya akan terjadi sebagian, sebagian besar wajah bulan akan berubah menjadi warna kemerahan yang cerah.

(had)
Terkait
More