alexametrics

Jet Tempur F-35B Berpotensi Jadi Game Changer untuk Singapura

madeprisni
Kamis, 13 Februari 2020 - 07:00 WIB

Keputusan Singapura untuk memperoleh pesawat jet tempur siluman F-35B Joint Strike Fighter (JSF) buatan Lockheed Martin berpotensi membuat negara jadi "game changer" atau pendobrak tatanan di Asia Tenggara dan sekitarnya.

 

Pesawat tempur generasi kelima Amerika Serikat (AS) itu akan memperatahankan kekuatan Angkatan Udara negara kecil tersebut, di mana Singapura tak lagi bergantung pada landasan pacu yang panjang untuk mengoperasikan sebuah pesawat tempur. Kemampuan pendaratan jet lepas landas dan vertikal F-35B memungkinkannya beroperasi dengan sedikit atau tanpa landasan udara.

 

------------------------------------------------------------

BACA JUGA :

TANK-TANK TERKUAT DI DUNIA DALAM MEDAN PERTEMPURAN

 

CATAT SEJARAH, FILM PARASITE MENANGKAN PENGHARGAAN OSCAR 2020

------------------------------------------------------------

 

Kemampuan canggih yang didukung jaringan jet tempur juga akan menjadi keuntungan tambahan bagi Singapura, yang berupaya memodernisasi militernya. Singapura pada tahun lalu memilih F-35 untuk menggantikan armada F-16C/D-nya mulai tahun 2030. Dan pada awal Januari 2020, Departemen Luar Negeri AS mengabulkan permintaan Singapura untuk membeli 12 unit F-35B, dengan empat unit untuk tahap pertama dan delapan unit lagi untuk tahap selanjutnya. Selengkapnya simak infografis.



(mad)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)