NASA Bikin Lomba Desain Toilet di Bulan, Hadiahnya Rp500 Juta

Sabtu, 04 Juli 2020 - 20:30 WIB
click to zoom
Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berambisi mengirimkan astronaut mereka untuk pergi ke bulan pada 2024 mendatang. Para astronaut dan kru jelas membutuhkan sistem toilet yang baik selama menjalankan misi.Untuk itu, NASA dilaporkan tengah mengadakan sayembara publik berhadiah bagi mereka yang bisa mendesain toilet di Bulan.

Dikutip dari CNN, Senin (29/6/2020) ada total hadiah USD 35.000 atau sekitar Rp 500 juta yang ditawarkan NASA bagi mereka yang bisa mendesain toilet untuk digunakan di Bulan. NASA kemungkinan besar mengadaptasi desain toilet yang mirip untuk pendaratan bulan Artemis miliknya. Toilet ini perlu bekerja dengan baik dalam gaya berat mikro ruang, atau nol-g.

BACA JUGA :

2024, TURIS BISA LAKUKAN PERJALANAN KE LUAR ANGKASA NASA TUNDA PELUNCURAN ROBOT PENJELAJAH MARS

Di Bulan, yang gravitasinya adalah sekitar seperenam dari yang kita rasakan di Bumi, sesuai dengan pedoman desain yang diposting oleh NASA dan HeroX, memungkinkan siapa pun menciptakan tantangan untuk memecahkan masalah ini.Pada misi NASA 2024 nanti, akan mencakup astronot wanita pertama yang melakukan perjalanan ke bulan, sehingga toilet harus dapat mengakomodasi pria dan wanita.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!