Kedekatan Emosional Ibu dan Anak Bisa Membuat Percaya Diri

Kamis, 29 April 2021 - 18:00 WIB
click to zoom

Kedekatan anak dengan orang tuanya di masa kecil sangat penting, karena bisa memengaruhi kepribadian anak saat besar nanti. Kedekatan anak dengan orang tuanya ternyata sangat krusial terbentuk pada usia 3-5 tahun pertama kehidupannya. Mereka yang mendapat cukup kasih sayang pada masa emas ini umumnya akan tumbuh menjadi pribadi yang juga dipenuhi dengan cinta kasih dan stabil secara emosional sekaligus percaya diri ketika besar nanti.

Sedangkan mereka yang masa kecilnya dilewati dengan kurang baik, cenderung akan tumbuh menjadi pribadi yang mengalami kesulitan mental dan emosional. Dokter Anak sekaligus ahli neurologi, dr Herbowo Soetomenggolo, Sp.A(K), mengatakan, sentuhan ibu di masa kehamilan hingga bayi telah lahir sangatlah penting untuk stimulasi otak bayi.

BACA JUGA :

DAMPAK NEGATIF KECANDUAN GADGET BAGI KESEHATAN ANAK DAMPAK PSIKOLOGIS PANDEMI CORONA BUTUH PERHATIAN

"Terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan, yaitu sejak anak dalam kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun (24 bulan)," kata dr Herbowo. Dia menambahkan, pada periode tersebut terjadi pertumbuhan yang sangat pesat pada anak . Yakni, fondasi kesehatan , pertumbuhan, dan perkembangan saraf yang optimal di seluruh umur ditetapkan.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!