Tujuh Fakta Vaksin AstraZeneca di Indonesia

Rabu, 14 April 2021 - 19:00 WIB
click to zoom
Fakta Vaksin AstraZeneca di Indonesia . Sejak pertama kali tiba di Tanah Air pada 8 Maret 2021, vaksin AstraZeneca telah menuai banyak kontroversi. Salah satunya kedaluarsanya yang cukup cepat.Pemerintah Indonesia bahkan sempat menunda distribusi vaksin AstraZeneca akibat masalah tersebut. Meskipun demikian, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menilai bahwa vaksin buatan AstraZeneca masih aman dan bisa diberikan kepada masyarakat.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Rabu (14/4/2021), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan surat edaran nomor: HK02.02/II/841/2021 tentang informasi mengenai vaksin Covid-19 AstraZeneca.

BACA JUGA :

MAKANAN YANG MENGURANGI EFEK SAMPING VAKSINASI COVID-19 PESAWAT PERTAMA DI DUNIA DENGAN PENUMPANG DAN AWAK TELAH DIVAKSIN

Isi surat edaran tersebut membahas berbagai macam fakta mengenai AstraZeneca yang mengklarifikasi informasi yang ada di tengah masyarakat.

Vaksin AstraZeneca merupakan vaksin vektor adenoviral (rekombinan) yaitu mengandung virus flu biasa yang telah dimodifikasi sehingga tidak bisa bereplikasi atau berkembang di dalam tubuh manusia. Tetapi dapat menimbulkan respon kekebalan terhadap Covid-19.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!