Jalak Lawu, Burung Viral Penuntun Pendaki yang Tersesat

Minggu, 21 Februari 2021 - 18:00 WIB
click to zoom
Burung Jalak Lawu viral di media sosial , lantaran ada pendaki tersesat mengaku selamat berkat dipandu alias dituntun burung tersebut. Pendaki bernama Mohammad Soleh (37), itu membagikan kisahnya di akun TikTok@mocha_doank. KepadaSolopos.com, Soleh mengatakan kejadian dia dituntun dan diselamatkan burung Jalak terjadi pada Agustus 2020.

Saat itu, Soleh bersama rekannya sempat terpisah dari rombongan pendaki Gunung Lawu. Mereka pun tersesat. Soleh berhasil selamat karena mengikuti seekor burung Jalak Lawu yang seolah memberi petunjuk jalan.“Awal-awal [pendakian] memang sudah ada jalak. Tapi kan awalnya enggak percaya saja kalau sampai dituntun. Nah, kemudian ada jalak datang kan. Cobalah saya ikuti,” tuturnya saat berbincang denganSolopos.com, Kamis (18/2/2021).

BACA JUGA :

KASUS PENJUALAN SATWA DILINDUNGI DIUNGKAP POLDA JATIM WOMBAT SATU-SATUNYA MAHLUK BUMI YANG KOTORANNYA BERBENTUK KOTAK

Burung Jalak Lawu sebenarnya merupakan satwa yang banyak ditemukan di Gunung Lawu. Sebuah studi yang dilakukan di Gunung Lawu wilayah Kabupaten Magetan dan dimuat Jurnal Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan di lamanBadan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan (BKPSL), menyebut jumlah Jalak Lawu semakin berkurang.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!